Selasa, 23 Desember 2008

7 layer OSI

1. Phsycal Layer
Lapisan ini berkaitan dengan bentuk fisik yang digunakan sebagai penghubung dan penghentian dari suatu koneksi, misalnyha modem. sifat mekanisme pada layer ini mengacu pada spefisikasi kabel. fungsi layer ini adalah merubah data menjadi bilangan biner dan kemudian di jadikan ke bit/bit. pengiriman data ini harus disesuaikan dengan media transmisi yang tepat, voltase dan waktu yang diperlukan untuk pengiriman data. semua itu berhubungan dengasn mekanik, elektrik dan interface prosedural, dan media fisik yang berada di bawah ficikal layer.
2. Data Link
Layer ini berwenang untuk mengendalikan lapisan fisik, mendeteksi serta mengkoreksi kesalahan yang berupa gangguan sinyal pada media transmisi fisik. layer ini berfungsi untuk mengambil data dari phsycal layer dan mengalirkannya ke layer berikutnya.
3. Network Layer
Layer ini berfungsi untuk pengalamatan ( data mau di kirim ke mana ? ) dan merutekan data ( menentukan jalan yang terbaik untuk data ).
4. Transport Layer
Layer ini berfungsi untuk mengirimkan data sesuai dengan jenisnya dan membangun ulang dari frame menjadi paket data.
5. Session Layer
Layer ini berfungsi untuk membangun, mengelola dan mengakhiri sesi - sesi antara dua host yang berkomunikasi dan menentukan status bisa nyambung apa tidak pengiriman data tersebut.
6. Presentation Layer
Berfungsi mengubah data dari layer diatasnya menjadi data yang bisa dipahami oleh semua jenis hardware dalam jaringan. layer ini di bagi menjadi dua yaitu :
- Conversi : Mengubah secara umum data yang dikirim dari application layer yang satu agar dapat
dibaca oleh application yang lain.
- Konpersi : Data yang acak penyusunannya di kompres menjadi satu paket data ke data tetapi masih
belum ditampilkan.
7. Application Layer
Merupakan interface pengguna dengan Layer OSI lainnya. di layer inilah aplikasi - aplikasi jaringan berada seperti e-mail, ftp, http, dan lain sebagainya. tujuan dari layer ini adalah menampilkan data dari layer dibawahnya kepada pengguna. layer ini berfungsi untuk pemindahan file dari sebuah sistem ke sistem lain yang berbeda sehingga tidak ada ketidak - kompatibelan. layer ini memberikan servis jaringan ke aplikasi user

.

yer

Tidak ada komentar: